. Suatubidangilmu yang mempelajaribagaimanamembangungrafik (gambar) baik 2D maupun 3D yang kelihatannyatamenggunakankomputeradalah …
a. GrafikKomputer
b. Entertainment
c. Visualisasi Proses
d. DesainGrafis
e. Desain
2. Memproduksicitra yang lebih solid dari model yang telahdibentuk, disebutdengan ...
a. PemodelanGeometris
b. Grafik
c. Animasi
d. Rendering
e. Traking
3. Yang merupakankarakteristikdariwarna RGB adalahkecuali..
a. Setiapkomponenwarnadisimpansecaraterpisahdalam frame buffer
b. Biasanya 8 bit per komponendalam buffer
c. Catatandalam glColor3f kisarannilaiwarnadari 0,0 (tidakada) menjadi 1,0 (semua), sedangkan di glColor3ub nilaiberkisardari 0 sampai 255
d. Atributdanwarnabukanmerupakankesatuandariobjek.
e. Semuasalah
4. Persamaanumumdibawahinitermasukdaripersamaanumum… (x-x0)2 + (y-y0)2 = r2 dengan y=y0 ±√r2-(x-x0)2
a. Kurva
b. Lingkaran
c. Parabola
d. Ellips
e. Kubus
5. Diketahuikoordinattitik A (1,3) dantitik B (8,5) makanilai gradient darigaris yang melaluititik A dan B adalah:
a. 2/7
b. -2/7
c. 7/2
d. -7/2
6. Yang dimaksudKoordinatHomogenadalah...
a. RepresentasiKordinat 2 dimensidengan 3 vektor
b. RepresentasiKordinat 3 dimensidengan 2 vektor
c. RepresentasiKordinat 2 dimensidengan 2 vektor
d. RepresentasiKordinat 3 dimensidengan 3 vektor
e. RepresentasiKordinat 1dimensidengan 3 vektor
7. Mereposisisemuatitikdariobjeksepanjangjalurlingkarandenganpusatnyapadatitik pivot disebutdengan ...
a. Vector
b. Translasi
c. rotasi
d. rotasi vector
e. Jawaban A dan C benar
8. Apa yang harusdilakukanuntukmerefleksisebuahlingkaran :
a. Refleksikansemuatitikpadalingkarantersebut
b. Refleksikanjari-jarilingkarantersebut
c. Refleksikantitikpusatlingkarandangambarulanglingkarantersebut
d. Tidakadajawaban yang benar
e. Semuajawabanbenar
9. Elemen-elemen yang menjadikonsentrasiutamapadagrafikakomputeradalah
a. Modeling
b. Rendering
c. Animation
d. Ransformation
e. grafis
10. Monitor berwarnadengan system CRT menghasilkanwarnadengancara :
a. Dalamsistem randommenggunakanpenetrasi beam.
b. Dalamsistem raster menggunakan shadow mask dengantiga electron guns.
c. Menggunakan phosphor yang berbeda, tiap phosphor menghasilkanwarna yang spesifik.
d. SemuaBenar
e. Semuaslah
11. Berikutadalahmacam-macam link pada OpenGL libraries dengan windows system, kecuali …
a. GLX for X Windows System
b. WGL for Windows
c. AGL for Macintosh
d. OpenGL on Windows
e. Windows openGL
12. Perhatikangambarberikut
Untukmenggambarkangarissepertigambardiatasdiperlukan …
a. Pixel aktif
b. Pixel pasif
c. Resolusi
d. Garis
e. Titik
13. Suatupergerakan/perpindahansuatutitikdariobjekpadasuatujalursehinggamenempatiposisibaruadalahpengertiandari ..
a. Translasi
b. Garis
c. Grafik computer
d. Resolusi
e. Titik
14. Kumpulan titik-titik yang tersusunsedemikianrupasehinggamemilikpangkaldanujungdisebut..
a. Pixel
b. Garis
c. Resolusi
d. Vector
e. Semuasalah
15. Cara kerja Liquid Crystal Display dibawahinikecuali:
a. Aksesyang acakkeselseperti memory
b. Selberisimolekil Kristal cairyang lurusketikadibebankan
c. Subpixelcolourfolter mask digunakanuntuk RGB
d. Semuabenar
e. Polarizing Filter mgnijinkanhanyacahayamelaluimolekul yang lurus
16. Yang bukantermasukfungsi discriminator yaitu..
a. Fe(x,y) < 0 untuksuatutitik di dalamellips
b. Fe(x,y) > 0 untuksuatutitik di luarellips
c. Fe(x,y) = 0 untuksuatutitikpadaellips
d. Fe(x,y) ≠ 0 untuksuatutitikpadaellips
e. Fe(x,y) = 0 untuksuatutitikpadaellips
17. Sumbu/poros grayscale bergerakdari...
a. (0,1,0) – (2,0,1)
b. (0,0,0) – (1,1,1)
c. (1,1,1)
d. (1,0,1)
e. (0,0,0)
18. Berikutinimerupakan file ekstensipada raster image, kecuali . . .
a. GIF
b. BMP
c. WAV
d. JPG
e. Tif
19. Yang merupakan cirri Raster-scan review adalahsebagaibeikut, kecuali :
a. Dapatmegaturintensitstiap-tiap pixel
b. Pixels dapatdibentukdari RGB triples
c. Tampilanterdiridariatastitik-titik yang punyatujuandanmempunyaiciri-ciritersendiri
d. Pixel dibentukolehtiap-tiap pixel
e. A dan B
20. Hasilrepresentasikoordinat 2 dimensidengan 3 vektormerupakankoordinat ..........
a. Homogen
b. Hybrid
c. Heterogen
d. Polar
21. “Illusion Of Motion” yang dibuatdari image statis yang ditampilkansecaraberurutan, dikenaldenganistilah ……………
a. Animasi
b. Rastering
c. Scalling
d. Polygon
e. Relip
22. Bagiandarianimasi yang bergeraksecaramandiri, disebutdengan .......
a. Sprite
b. Path
c. Spline
d. Vektor
e. frame
23. Elemen-elemen yang menjadikonsentrasiutamapadagrafikakomputeradalah
a. Modeling
b. Rendering
c. Animation
d. Transformation
e. Vactor
24. Intensitasdariberkaselektrondimodifikasiolehnilai:
a. Pixel
b. Vga
c. Resolusi
d. Kecerahan
e. Warna
25. Suatupergerakan/perpindahansuatutitikdariobjekpadasuatujalursehinggamenempatiposisibaruadalahpengertiandari ..
a. Translasi
b. Garis
c. Grafik computer
d. Resolusi
e. Move
26. Salah satualgoritma area filling adalahdengancaramelakukanpenelusurandarikiriatassampaikananbawahlayar, sampaiditemukanbatassuatu area, kemudiandilakukanoperasiputpixelsampaiditemukanbatas area berikutnya. Algoritmainidisebutdengan
a. Flood Fill
b. Boundary Fill
c. Scan Line
d. 4-Connected Fill
e. Scane
27. Elemengambarterkecilberupasebuahtitik yang ditempatkandilayardisebut
a. Dot
b. Vertex
c. Piksel
d. Node
e. bit
28. Diketahuisebuahtitikpembentuklingkaran (9,4). Denganmenggunakankonsepsimetrisdelapantitik, makadiperolehtitik-titikpembentuklingkaran yang lain, yaitu:
a. (–4,9), (4, –9),( –4, –9), (4,9), (–9, –4), (9, –4), (–9,4)
b. (–4,9), (4, –9),( 4, 9), (–9, –4), (9,4), (9, –4), (–9,4)
c. (–4,9), (4, –9),( –4, –9), (–9, –4), (9,4), (9, –4), (4,9)
d. (–4,9), (4, –9),( –4, –9), (9, 4), (4,9), (9, –4), (–9,4)
e. (–4,9), (4, 9),( –4, –9), (–9, –4), (9,4), (9, –4), (–9,4)
29. Biasanyaresolusipikseldinyatakansebagai
a. jumlahpikselpersatuanpanjang
b. Jumlahpiksel yang bisaditampilkansecarabersama-samadilayar
c. Pikseltempatwarnadisimpan
d. JumlahPikseluntuksetiapgambar
e. Elemengambarterkecil
30. ResolusiPikseladalahjumlahpikselpersatuanpanjang yang dinyatakandengansatuanppi. Apakepanjangandarippitersebut ?
a. point per inchi
b. picture per inchi
c. piksel per inchi
d. paper per inchi
e. salahsemua